Mengenal Mengenai Selat Sunda

Mengenal Mengenai Selat Sunda

Ditemukan di Pulau Sumatra dan Jawa, Selat Sunda Indonesia adalah Selat yang menghubungkan Samudera Hindia ke Laut Jawa. Membentang sekitar ke arah south-west/Utara-Timur, memiliki lebar terkecil kilometer dua puluh empat atau lima belas mil di ujung timur laut, diapit oleh Pujat cape Jawa dan Sumatera Cape Tua.

Selat Sunda Indonesia membuat navigasi agak sangat sulit karena ujungnya sangat jauh Barat yang menyempit dan menjadi lebih dangkal dengan hanya kedalaman dua puluh meter di bagiannya ujung timur. Sangat tegap arus pasang, serta sandbanks dan buatan manusia penghalang seperti rig minyak lepas pantai Jawa, menambah masalah navigasi yang dihadapi oleh pelaut melewati Selat itu.

Mengenal Mengenai Selat Sunda

Sepanjang sejarah, Indonesia Selat Sunda telah menjadi bagian dari jalur pelayaran yang signifikan, khususnya pada masa Belanda East India Company yang digunakan sebagai pintu gerbang ke Kepulauan rempah-rempah Indonesia. Kedangkalan dan kesempitan Selat, serta kurangnya charting tepat membuat Selat Sunda Indonesia tidak cocok untuk kapal-kapal besar hari ini, sebagian besar yang mengambil Selat Malaka.

Selat ini berbintik-bintik dengan beberapa pulau-pulau kecil seperti Sebuku, Sangiang, Sebesi, Panaitan, dan terutama pulau Krakatau yang mencakup Verlaten, Lang, Krakatau, dan Anak Krakatau. Pulau-pulau ini ditemukan di Selat Sunda, serta daerah tetangga Sumatera dan Jawa yang serius terpengaruh dengan 1883 Krakatau letusan gunung berapi, terutama karena tsunami besar dan intens kejatuhan apung.

1883 ini letusan gunung berapi kedua terbesar dan berubah drastis Selat topografi, dengan sebanyak delapan belas untuk dua puluh-satu kilometer dari ignimbrit mengisi area sekeliling gunung berapi. Beberapa daerah pada account tidak telah pergi ke negara, seperti daerah pesisir Jawa yang sekarang telah dimasukkan untuk Taman Nasional Ujung Kulon; Namun, banyak dari garis pantai saat ini sangat penduduknya padat.

Pada tahun 1942, acara lain membuat sejarah di Selat Sunda Indonesia, Pertempuran Selat Sunda. Pertempuran adalah bagian besar “pertempuran dari the Laut Jawa”, yang terjadi ketika sekutu kapal penjelajah USS Houston dan HMAS Perth ditemui pendarat amfibi kekuatan Jepang di Batavia (sekarang Jakarta) dalam pimpinan Laksamana Kenzaburo Hara, yang memiliki kapal perang, kapal perusak sepuluh, tiga kapal penjelajah, dan kapal induk. Jepang tenggelam kapal penjelajah sekutu dua namun kapal transportasi dan minesweeper Jepang juga tenggelam melalui ramah api.

Selat Sunda hari ini adalah surga yang sisa pulau dari letusan gunung berapi yang bersejarah, serta pengingat yang dulunya dan masih adalah sebuah Selat terkenal besar yang melayani perdagangan Belanda dan banyak usaha laut lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *