Cara Perawatan Payudara Setelah Melahirkan

Cara perawatan payudara setelah melahirkan
Perubahan postur tubuh saat masa kehamilan dan setelah melahirkan sering kali membuat para wanita merasa sedih. Pasalnya, banyak dari mereka yang tidak bisa mendapatkan tubuh idealnya kembali. Termasuk keluhan karena payudaranya tidak bisa sekencang seperti sedia kala.

Oleh karena itu dibutuhkan perawatan payudara setelah melahirkan agar payudara tidak kendur dan tetap indah. Namun sayangnya, saat ini banyak wanita yang lebih banyak memilih jalan pintas seperti mengonsumsi obat-obatan untuk bisa melangsingkan kembali tubuhnya. Padahal tersebut dapat berbahaya bagi sang bayi.

Berikut merupakan cara perawatan payudara setelah melahirkan secara alami:

  1. Menjaga Kebersihan Payudara

Salah satu perawatan payudara setelah melahirkan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya setiap hari. Dengan menjaga kebersihan payudara Anda, itu sama saja merawat payudara Anda agar tetap sehat.

Hal ini penting untuk dilakukan karena si bayi meminum Air Susu Ibu dari puting sang Ibu. Jika putting sang ibu kotor dan penuh bakteri maka tentu saja akan membahayakan bagi kesehatan sang bayi.

  1. Menggunakan bra yang nyaman

Cara kedua untuk perawatan payudara setelah melahirkan adalah dengan memakai bra yang nyaman. Bra tidak boleh terlalu kecil atau tidak boleh terlalu besar. Hal ini bisa mengurangi tingkat kenyamanan Anda. Gunakan bra yang kuat untuk menyangga beban payudara Anda. Payudara setelah melahirkan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada sebelumnya.

  1. Mengonsumsi Ramuan Pepaya

Ramuan papaya merupakan ramuan yang sudah cukup lama dikenal sebagai perawatan payudara setelah melahirkan. Ramuan alami ini aman untuk digunakan ibu hamil serta mampu mengencangkan payudara Anda. Selain mengencangkan, ramuan papaya juga dipercaya mampu memperlancar produksi Air susu Ibu.

Cara membuat ramuan papaya cukup sederhana. Siapkan buah papaya dan jeruk nipis juga susu kedelai. Jus buah papaya kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Tambahkan satu sendok madu dan juga susu kedelai. Minum secara rutin 2 kali sehari.

  1. Memijat Payudara

Perawatan payudara setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan melakukan pijat payudara dengan teknik liposase. Hal ini bertujuan agar memperlancar Air susu ibu serta aliran darah. Selain itu juga dapat mengencangkan dan menyehatkan payudara Anda setelah melahirkan.

  1. Gunakan Masker mentimun dan telur

Cara merawat payudara yang bisa Anda lakukan setelah melahirkan adalah dengan menggunakan masker payudara yang terbuat dari bahan-bahan alami. Cara membuat masker payudara alami cukup mudah karena bahan-bahannya ada di sekitar Anda.

Siapkan mentimun dan satu butir telur. Haluskan mentimun kemudian campurkan dengan kuning telur. Aduk keduanya hingga homogen. Balurkan masker tersebut pada payudara Anda dan diamkan selama 30 menit. Masker ini berkhasiat untuk mengencangkan dan menyehatkan payudara Anda setelah melahirkan. Gunakan air hangat untuk membilasnya jika selesai.

Itulah beberapa cara perawatan payudara setelah melahirkan yang bisa Anda lakukan di rumah. Gunakan cara-cara yang alami saja karena jauh lebih aman dan tidak membahayakan bagi si buah hati Anda. Jangan sampai Anda menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan bagi buah hati Anda.

Bahan-bahan alami jauh lebih mudah dan lebih murah untuk didapatkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jaga selalu pola makan dan pola hidup yang sehat agar bayi Anda tumbuh sehat dengan Air susu ibu yang melimpah. Rawat payudara Anda karena ASI merupakan makan terbaik bagi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *