8 Cara Untuk Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Kambuh

8 Cara Untuk Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Kambuh

Pertolongan pertama saat asam lambung kambuh harus benar-benar ditangani dengan cepat dan benar. Ketika kondisi asam lambung sedang tinggi maka akan berpengaruh pada kesehatan lambung yang bisa mengakibatkan sakit, mual, pusing, sesak nafas dan lain-lain. Karena ketika kondisi asam lambung sedang tinggi bisa memperburuk kesehatan lambung, terlebih hal tersebut bisa juga menyebabkan efek pada organ tubuh yang lainnya menjadi bermasalah.

Oleh karena itu ketika asam lambung sedang kambuh Anda harus mengetahui pertolongan pertamanya, berikut ini pertolongan pertama saat asam lambung kambuh :

  1. Kunyah daun mint

Pertolongan pertama saat asam lambung kambuh adalah dengan mengunyah daun mint. Caranya ambillah beberapa helai daun mint kemudian cuci hingga bersih setelah itu kunyah hingga rasa sakit mulai berkurang. Daun mint ini dipercaya sebagai penetralisir asam lambung yang ampuh. Dan sebaiknya anda selalu sedia di rumah apabila Anda penderita asam lambung.

  1. Kunyah Permen karet

Ketika asam lambung sedang kambuh dan tidak ada obat yang bisa untuk meredakan, maka cobalah mengunyah permen karet kurang lebih ½ jam. Karena dengan mengunyah dipercaya bisa meredakan asam lambung. Hal ini dikarenakan laju pelepasan air liur akan cepat yang menjadikan akumulasi asam ada di dalam perut akan dibersihkan dengan cepat.

  1. Minum Air Hangat

Cara ketika pada pertolongan pertama saat asam lambung kambuh ialah dengan meminum air hangat. Anda pasti khawatir ketika sedang kambuh untuk meminum air karena takut mual. Hal ini bisa dihindari dengan cara minum air hangat secara pelan-pelan untuk menghindari rasa mual. Air hangat dipercaya bisa cepat menetralisir asam lambung pada perut Anda.

  1. Minum Juice

Ketika tanda-tanda asam mulai meningkat biasanya nafsu makan akan menurun karena mulai mual-mual. Sebaiknya Anda mengonsumsi juice buah untuk menjaga perut tidak kosong. Minumlah juice buah secara pelan-pelan seperti minum air hangat supaya tidak mual. Disarankan yang diminum adalah juice daun mint untuk mempercepat penyembuhan.

  1. Makan pisang

Buah pisang juga bisa sebagai antasida alami ketika asam lambung kambuh, karena buah pisang bisa melapisi dinding perut Anda dari ancaman iritasi asam lambung. Namun janganlah mengkonsumsi pisang ambon karena bisa memperparah asam lambung, konsumsilah pisang emas.

  1. Makan jahe

Ketika tanda-tanda asam lambung mulai terasa dan tidak ada obat kimia yang tersedia di rumah maka Anda bisa untuk mengonsumsi potongan jahe, karena jahe dipercaya bisa menurunkan rasa sakit karena asam lambung.

  1. Menggunakan lidah buaya

Mungkin lidah buaya lebih terkenal untuk pengobatan kulit dan rambut, namun dibalik semua itu lidah buaya bisa untuk menyembuhkan asam lambung. Minumlah juice lidah buaya secara rutin setiap pagi, maka asam lambung akan berkurang dengan cepat. Namun perlu diingat bahwa kandungan lidah buaya bersifat laksatif yang akan menjadikan lebih sering BAB.

  1. Menggunakan baking soda

Mungkin banyak yang tidak percaya bahwa baking soda bisa meringankan rasa sakit ketika asam lambung kambuh atau bahkan mengkhawatirkan karena bahayanya. Baking soda bisa digunakan untuk menyembuhkan ketika takarannya pas. Caranya campurkan ½ sendok baking soda dengan segelas air kemudian minumlah perlahan untuk mengurangi rasa sakit.

Itulah beberapa resep yang bisa anda lakukan untuk pertolongan pertama saat asam lambung kambuh, jika sudah mencoba resep di atas asam lambung tidak sembuh juga sebaiknya Anda langsung pergi ke dokter sebelum hal yang lebih parah terjadi. Karena hal di atas sifatnya hanya pertolongan pertama saja ketika asam lambung Anda kambuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *